ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DI EAZY COFFEE MENGGUNAKAN PENDEKATAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI)

Nasrulloh, Mochamad (2025) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DI EAZY COFFEE MENGGUNAKAN PENDEKATAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI). Undergraduate thesis, ITEBIS PGRI Dewantara.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (194kB)
[img] Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (767kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (704kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (877kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Banyaknya jumlah usaha penyedia makan minum terkhusus pada sektor bisnis coffee shop di Indonesia, termasuk di Jombang telah membuat persaingan yang cukup ketat. Masyarakat memiliki banyak pilihan untuk memilih coffee shop yang akan dikunjungi. Coffee shop harus mampu dalam memberikan kepuasan konsumen agar bisa mempertahankan keberadaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menentukan bagaimana tingkat kepuasan konsumen atas kualitas produk dan kualitas pelayanan di Eazy Coffee, serta mengetahui atribut yang perlu dapat perhatian dalam upaya perbaikan berdasarkan pada tingkat kepentingan dan kepuasan guna meningkatkan kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung dan yang pernah berkunjung di Eazy Coffee. Sample berjumlah 150 orang yang diambil dengan teknik convenience sampling. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif serta menggunakan metode Customer Satisfaction Index. Hasil penelitian menunjukkan, secara keseluruhan konsumen “Sangat Puas” atas kualitas produk di Eazy Coffee dengan nilai CSI sebesar 82,93%. Dan seluruh atribut kualitas produk dianggap penting oleh konsumen. Serta atribut yang menjadi penentu kepuasan konsumen meliputi delapan dimensi. Sedangkan atribut yang perlu dapat perhatian adalah penetapan harga yang sebanding dengan kualitas, kecepatan menghidangkan pesanan, serta konsistensi dari rasa dan porsi. Hasil selanjutnya, secara keseluruhan konsumen “Sangat Puas” atas kualitas pelayanan di Eazy Coffee dengan nilai CSI sebesar 83,37%. Dan seluruh atribut kualitas pelayanan dianggap penting oleh konsumen. Serta atribut yang menjadi penentu kepuasan konsumen meliputi lima dimensi. Sedangkan atribut yang perlu dapat perhatian adalah ketersediaan lahan parkir yang memadai, ketanggapan karyawan memberikan bantuan, karyawan memberikan pelayanan yang sama, dan ketepatan karyawan memberikan pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawan, IndraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemasaran, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Customer Satisfaction Index
Subjects: H Social Sciences > HU General Management
Divisions: Skripsi: Management
Depositing User: Tri Wilujeng Mardiana
Date Deposited: 30 Aug 2025 06:37
Last Modified: 02 Sep 2025 03:28
URI: http://repository.itebisdewantara.ac.id/id/eprint/5544

Actions (login required)

View Item View Item